6 Makanan yang Mesti Anda Coba di Bandung

6 Makanan yang Mesti Anda Coba di Bandung

Kota yang ada di bilangan Jawa Barat ini adalah salah satu destinasi wisata favorit banyak orang, terutama mereka yang tinggal di Jakarta. Bukan Cuma soal keindahan alam dan kesegaran suasanya saja yang membuat orang berkungjung ke Bandung, tapi juga karena banyaknya variasi kuliner yang begitu menggoda.

Sudah tentu berkunjung ke kota ini akan membuat Anda mendapatkan dua kebahagiaan sekaligus, yakni liburan nikmat dan perut yang selalu puas menyantap makanan enak. Ditambah lagi, Anda juga bisa memotret sambil jalan-jalan kuliner, dan membagikan foto-foto keren untuk diunggah ke Instagram.

Perjalanan ke Bandung sendiri termasuk mudah Anda bisa menggunakan pesawat untuk perjalanan yang butuh waktu cepat dan jangan lupa untuk selalu mengecek status penerbangan Anda, atau bisa juga travel bis yang jauh lebih murah tapi sama-sama nyaman.

Pastinya begitu sampai di Bandung, jangan lupa untuk segera mencicipi makanan berikut ini.

  1. Cuanki Serayu

Cuanki adalah jajanan yang mirip dengan bakso, dari bentuk, kuah hingga penyajiannya. Namun cuanki punya cita rasa berbeda karena menggunakan kuah dari ikan. Cuanki yang paling banyak direkomendasikan di Bandung adalah Cuanki Serayu yang ada di Jalan Serayu No. 2, Cihapit. Biasanya Cuanki Serayu buka mulai jam 11 siang.

  1. Seblak Oces

Kuliner Bandung lain yang khas adalah seblak atau kerupuk yang dimasak menggunakan kuah. Bila ingin mencobanya, salah satu seblak yang direkomendasikan adalah Seblak Oces. Ada 2 jenis seblak di sini yaitu seblak basah dan seblak kering. Harga yang ditawarkan bervariasi. Lokasinya berada di Jalan Dipati Ukur.

  1. Nasi Kalong

Kuliner khas Bandung yang satu ini memang hanya bisa ditemui saat malam hari sehingga disebut sebagai Nasi Kalong. Bahan bakunya antara lain berupa dari beras merah yang dibumbui daun salam, cabai, bawang, dan diberi kluwek supaya berwarna hitam.Biasanya nasi yang satu ini disajikan dengan menu pendamping berupa tumis buncis bakar, ayam goreng madu, dan sambal.

Nasi Kalong termasuk mudah Anda temukan, apalagi karena lokasinya masih di tengah kota. Anda bisa langsung ke warungnya di Jalan Letnan Laut Raden Eddy Martadinata No.102, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung. Jangan lupa, datangnya sekitar jam 19.00 malam, karena memang hanya buka mulai malam hari.

  1. Colenak

Colenak adalah salah satu makanan khas Bandung yang legendaris. Namanya sendiri berasal dari singkatan frasa “dicocol enak”. Sementara itu bahan baku sebenarnya berupa peuyeum (tape kering) yang dibakar kemudian disiram dengan campuran gula merah cair dan parutan kelapa.

Namun sekarang Colenak sudah banyak dimodifikasi. Bumbunya bukan hanya gula merah dan parutan kelapa saja, tapi juga bisa dengan tambahan nangka atau durian.

  1. Mie Kocok Bandung

Jika Anda ke Bandung, sudah pasti harus mencoba mie kocok yang memang khas kota ini. Sesuai dengan namannya, mie ini dibuat dengan cara dikocok atau diaduk sebelum disajikan. Bahannya terdiri atas mie, aneka sayuran seperti toge, dan kikil sapi.

Mie kocok termasuk mudah ditemukan di Bandung. Biasanya Anda akan menemukan mie ini dijajakan oleh pedagang kaki lima menggunakan gerobak seperti bakso/mie ayam.

Selain itu ada juga yang mangkal atau berupa rumah makan. Dari sekian banyak mie kocok di Bandung, beberapa yang direkomendasikan antara lain Mie Kocok Mang Dadeng di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan, Mie Kocok Pak Enco di depan Kartika Sari Kebon Kawung serta Mie Kocok Gakil di Jl. Dago.

  1. Batagor Hanjuang

Terakhir, Anda juga harus mencoba batagor hanjuang yang merupakan khas Bandung. Ini adalah salah satu batagor yang paling ramai dipadati pembeli. Konon, batagor yang satu ini menggunakan resep yang sama secara turun temurun sejak 1990. Lokasinya cukup mudah ditemukan, yakni berada di Jalan Astina, Cicendo, tepat di depan rumah makan Anugerah