Tanda Kehamilan yang Muncul Setelah Telat Haid Seminggu

Tanda Kehamilan yang Muncul Setelah Telat Haid Seminggu

Telat haid seminggu merupakan kondisi yang harus dipahami lebih lanjut karena kondisi ini sering dikaitkan dengan kehamilan. Sebelum mengira bahwa memang hamil, Anda harus pastikan mengalami beberapa tanda awal kehamilan. Beberapa tanda awal ini muncul pada trimester pertama kehamilan yang kemungkinan besar menandakan Anda positif hamil setelah telat haid.

  1. Mual dan Muntah

Mual merupakan suatu kondisi yang sering dialami oleh wanita yang hamil muda. Salah satu tanda awal kehamilan ini bisa menandakan Anda benar positif hamil setelah mengalami haid jika sering berlangsung di pagi hari. Kondisi hormon yang terkait dengan kehamilan akan meningkat di pagi hari, sehingga menyebabkan mual yang lebih sering di pagi hari, bahkan sampai ada yang muntah.

  1. Pusing

Pusing adalah gejala awal kehamilan yang menyertai mual dan muntah. Kondisi tubuh yang sedang kurang prima akibat perubahan hormon bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala. Sistem imun dalam tubuh yang terganggu juga menambah intensitas pusing ini, terutama di pagi hari. Jadi, pusing ini termasuk dalam gejala morning sickness yang menjadi tanda awal kehamilan.

  1. Kram Perut

Tidak sedikit wanita hamil yang mengalami kram perut di trimester awal kehamilan. Terdapat hal yang harus diluruskan mengenai kram perut ini. Jika Anda telat haid dan mengalami kram perut, maka ada dua kemungkinan yaitu kram karena pra menstruasi sindrom dan kram karena implantasi embrio di dinding rahim.

Cara membedakannya adalah waktu terjadinya dan tanda lain yang menyertai. Anda bisa mempelajari tanda awal kehamilan lainnya. Jika kram perut disertai dengan tanda awal kehamilan lainnya, maka Anda positif hamil. Jika tidak, maka kram yang dialami murni sebagai tanda akan menstruasi yang tidak teratur karena dialami saat telat haid.

  1. Keluarnya Bercak Darah

Pada hari-hari sebelum telat haid seminggu, banyak wanita yang mengalami flek atau bercak darah ringan. Jika tidak disertai dengan gejla kehamilan lainnya, seperti mual, pusing, dan rasa lelah atau kantuk berlebihan, maka flek darah tersebut hanyalah tanda telat haid.

Akan tetapi, jika flek darah tersebut disertai dengan tanda kehamilan lainnya, maka menandakan Anda positif hamil. Flek darah tersebut disebabkan karena proses implantasi embrio di dinding rahim.

  1. Sensitif terhadap Bau

Salah satu tanda awal kehamilan adalah adanya peningkatan sensitivitas. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon. Umumnya, orang hamil akan lebih sensitif pada aroma tertentu yang menyengat, baik itu aroma yang harum, maupun yang tidak sedap. Aroma bumbu dapur yang menyengat juga menjadi salah satunya. Anda bisa mual jika mencium aroma menyengat tersebut.

  1. Mudah Lelah

Mudah lelah juga merupakan salah satu tanda kehamilan yang berlangsung dari trimester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan kondisi tubuh yang cenderung lemah karena mengalami perubahan hormon akibat kehamilan. Untuk itu, istirahatlah yang cukup dan jangan sampai kelelahan.

Beberapa tanda awal kehamilan tersebut harus diketahui agar Anda bisa memastikan terlebih dahulu hamil atau tidak setelah telat haid seminggu. Jika benar mengalami hal tersebut, maka Anda bisa lanjut melakukan tes kehamilan untuk mendapatkan bukti yang lebih akurat. Menurut saran di Orami Magazine, Anda bisa cek kehamilan sendiri atau dengan periksa ke dokter.